Biografi Singkat - Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh

Vincent Willem van Gogh (30 Maret 1853 – 29 Juli 1890) adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Ia merupakan sulung dari 6 bersaudara, putra pendeta protestan di Groot Zundert, lukisannya beraliran posimpressionisme yang mewakili era spontanitas emosional dalam seni lukis. Vincent adalah orang yang muram, gelisah, dan temperamental, namun pengetahuannya sangat luas.

Ketika remaja, Van Gogh bekerja dengan pamannya yang berada di Den Haag, pamannya adalah seorang pengusaha yang memiliki perusahaan internasional yang berdagang karya seni. Dari situlah Van Gogh belajar tentang karya seni, rasa seninya semakin terasah saat belajar melukis pada Anton Mauve.

Rumah Van Gogh
Rumah Van Gogh

Keinginan membuat karya seni membuat Van Gogh memenuhi panggilan jiwanya. Pada usia 27 tahun Van Gogh pulang dari Belgia ke Belanda. Ia kemudian membuat sebuah lukisan yang sangat terkenal pada tahun 1885 yang diberi judul “Pemakan Kentang”. Lukisannya ia beri warna dengan warna yang gelap dan muram, menunjukkan kesedihan dan kemiskinan.

Untuk lebih mengukuhkan jiwa seninya, Van Gogh kemudian pergi ke Belgia lagi untuk belajar seni di Akademi Seni Antwerpen. Namun Van Gogh tidak lama disini, ia keluar dari akademi tersebut karena lukisannya dihina gurunya bahwa sapuan kuasnya terlalu berat. Namun ia mendapatkan banyak pengalaman.

Ia akhirnya bisa bertemu dengan seniman lainnya seperti Peter Paul Rubens dan juga Hokusai seorang pelukis Jepang. Dua pelukis tersebut juga telah mempengaruhi gaya lukisan Van Gogh berikutnya. Awalnya Van Gogh selalu menggunakan warna-warna yang suram dilukisannya, lambat laun ia merubah cara mewarnai dengan warna yang cerah dan berani pada lukisan pohon serta pedesaan seperti yang terlukis pada lukisannya yang bernama Night Watch (1888) dan Starry Night (1889). Ia juga menggandeng pelukis Paul Gauguin untuk bekerja sama, akan tetapi suatu hari mereka adu mulut yang akhirnya membuat Paul Gauguin pergi meninggalkan Van Gogh.

Selepas kepergian Paul Gauguin, Van Gogh seperti kecewa dan ia sangat terpukul dan depresi akan hal itu. Di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis Van Gogh merasa tenang, ia kemudian melukis di sana. Karena dianggap sudah sembuh akhirnya Van Gogh dipulangkan. Van Gogh kemudian menempati sebuah pondokan di dekat hutan. Entah bagaimana awalnya, depresi yang belum hilang total tersebut tahu-tahu kambuh dan membuat Van Gogh lari ke hutan.

Di sana ia menembak dirinya sendiri. Van Gogh ditemukan bersimbah darah oleh pemilik pondokan dan dibawa pulang oleh sang adik. Dua hari mengalami masa kritis, akhirnya Van Gogh meninggal dunia tepatnya pada tanggal 29 Juli 1890. Van Gogh kemudian dimakamkan di sana. Ketika sang adik, Theo yang begitu menyayanginya juga meninggal. Sang adik dimakamkan didekat kakaknya. Mengingat selama hidup Van Gogh dan Theo tak pernah berpisah maka saat meninggal makamnya pun didekatkan.

Nah itu tadi merupakan biografi singkat tentang pelukis Van Gogh. Bagi yang ingin mendownload file biografi Van Gogh bisa klik tombol di bawah yaa !
Document
Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts