Biografi Singkat - Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci

Leonardo di Ser Piero da Vinci (15 April 1452 – 02 Mei 1519) Leonardo adalah anak dari hubungan gelap dari Piero Fruosino di Antonio da Vinci, seorang notaris kaya dengan Caterina seorang gadis petani. Leonardo dibesarkan oleh kakeknya di Anchiano. Ayahnya kemudian menikah dengan seorang gadis belia bernama Albiera.

Albiera sempat berhubungan dekat dengan Leonardo sebagai ibu tirinya, namun sayangnya ia meninggal di usia yang masih muda. Leonardo lahir sebagai anak pertama dari 12 bersaudara. Meskipun sebagai anak tiri, keluarganya tetap memperlakukannya sama dengan saudara-saudaranya.

Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa

Ketika umurnya menginjak 14 tahun, Leonardo merantau ke Florence (Kota Firenze, ibukota Prov. Firenze). Florence merupakan kota pusat artistik penting di zaman Renaisans Italia yang telah melahirkan banyak seniman sakti termasuk Domenico Ghirlandaio, Pietro Perugino, dan Lorenze di Credi. Pengaruh ayahnya sangat besar sehingga Leonardo berkesempatan untuk belajar kepada Verrocchio di kota seprestisius Florence. Di bawah bimbingan Verocchio, bakat Leonardo sangat terarah dan semakin matang. Pendidikannya di Florence mengasah imajinasi dan kemampuan teknis sehingga kemudian mengarahkannya pada penemuan-penemuan luar biasa. Leonardo banyak mewariskan rancangan senjata militer dan alat-alat mekanik yang mengibarkan reputasinya sebagai seorang jenius di masa itu.

Pendidikan Leonardo di Florence berujung pada karya kolaborasi antara dirinya dan gurunya, Verocchio. Kolaborasi tersebut menghasilkan karya: The Baptism of Christ (1475) dan The Annunciation (1472-1475). Setelah enam tahun belajar, pada 1472, Leonardo memenuhi kualifikasi sebagai ahli di Asosiasi Seniman Santo Lukas (Guild of St Luke), sebuah grup seniman dan dokter umum yang berbasis di Florence. Meski ayahnya telah membuatkannya bengkel kerja pribadi, Leonardo memutuskan untuk menetap di bengkel Verocchio.

Setelah lima tahun ia bekerja di bengkel Verocchio hingga tahun 1481, setahun kemudian, Leonardo membuat alat musik lyre, sebuah alat musik Yunani kuno yang terbuat dari perak berbentuk kepala kuda. Lorenzo de Medici, penguasa Firenze, mengutus Leonardo menuju Milan dengan membawa lyre itu sebagai hadiah. Leonardo tinggal di Milan selama periode 1482 sampai 1499. Selama 17 tahun, ia selesaikan enam karyanya. Pada 1483-1486, ia selesaikan lukisan “The Virgin of the Rocks”. Di musim panas tahun 1485, ia bepergian ke Hongaria atas permintaan Sforza untuk bertemu dengan Raja Hongaria, Matthias Corvinus.

Di Hongaria, diyakini Leonardo melukis Keluarga Kudus, yaitu lukisan masa kanak-kanak Yesus bersama Bunda Maria dan Santo Yusuf. Lalu pada tahun 1495-1498, Leonardo menciptakan salah satu mahakarya-nya, “The Last Supper” (Perjamuan Terakhir) yang dibuat di dinding biara Santa Maria delle Grazie. Tak cuma lukisan, Leonardo juga dipercaya untuk membuat patung orang yang sedang berkuda di Katedral Milan yang didedikasikan kepada pendiri Dinasti Sforza, Francesco Sforza.

Kemudian pada tahun 1513, selepas pendudukan sementara Perancis atas Milan, Leonardo pergi ke Roma dan menghabiskan tiga tahun terakhirnya di sana. Kedatangannya menarik perhatian Raja Perancis François I dan menawarkan posisi permanen sebagai “pelukis dan insinyur pertama” di Royal Court Prancis. Seiring berjalannya waktu, Raja François pun menjadi teman dekat Leonardo.

Dalam tahun-tahun terakihr ini, Leonardo banyak menghabiskan waktu untuk menulis berbagai makalah ilmiah dan catatannya, meskipun lukisan terakhirnya, “St John the Baptist”, diselesaikan pada masa ini. Buku catatannya mencapai 7000 halaman yang di dalamnya terdapat berbagai buah pikirnya yang ia tuangkan ke dalamnya. Leonardo da Vinci meninggal di Clos Lucé, 2 Mei 1519. Kedekatannya dengan François I mengilhami Jean Auguste Dominique Ingres untuk melukis detik-detik terakhir Leonardo menghirup nafas terakhirnya. Ia menggambarkan Leonardo yang mati di pelukan sang raja.

Nah itu tadi merupakan biografi singkat tentang Leonardo da Vinci. Bagi yang ingin mendownload file biografi Leonardo da Vinci bisa klik tombol dibawah yaa!
Document
Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts