Besaran dan Satuan dalam Fisika

Satuan Besaran

ilmuduniax.blogspot.com - Apakah kamu tahu apa itu besaran? Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka-angka. Mengukur besaran adalah membandingkan besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan.

1. Sistem Satuan

Satuan adalah ukuran besaran. Sampai saat ini ada dua jenis sistem satuan yang digunakan, yakni sistem metrik dan sistem Inggris. Sistem metrik dibagi dalam dua bagian, yaitu Sistem MKS (meter - kilogram - sekon) dan Sistem CGS (centimeter - gram - sekon) yang berturut-turut menyatakan satuan panjang, massa, dan waktu. Dalam sistem Inggris, satuan panjang, massa, dan waktu berturut-turut dinyatakan dalam foot, pound, dan second.

2. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak bergantung pada besaran-besaran lain. Dalam SI, ada tujuh besaran pokok seperti pada tabel berikut.
Besaran Pokok Nama Satuan Lambang Satuan
Panjang meter m
Massa kilogram kg
Waktu sekon s
Arus Listrik ampere A
Suhu kelvin K
Intensitas Cahaya kandela cd
Jumlah Zat mol mol

3. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya ditetapkan berdasarkan satuan-satuan besaran pokok. Contoh besaran turunan yang berasal dari besaran pokok adalah sebagai berikut: kecepatan (m/s), massa jenis (kg/m²), volume (m³), dan percepatan (m/s²).
Besaran Turunan Nama Satuan Lambang Satuan
Gaya newton N
Energi joule J
Daya watt W
Tekanan pascal Pa
Frekuensi hertz Hz
Muatan Listrik coulomb C
Beda Potensial volt V

4. Penetapan Satuan

Untuk yang ini, saya tambahkan sedikit tentang penetapan satuan dalam SI (sistem satuan internasional)
Satu meter standar didefinisikan sebagai jarak yang sama dengan 1.650.763,73 kali riak panjang gelombang cahaya merah-jingga yang dihasilkan gas kripton.
Satu kilogram standar adalah sebuah massa standar, yaitu massa sebuah silinder platina-iridium yang aslinya disimpan di Sevres dekat Paris. Massa kilogram standar disamakan dengan massa satu liter air pada suhu 4°C.
Satu detik adalah waktu yang diperlukan oleh atom cesium untuk bergerak sebanyak 9.192.631.770 kali.
Satu ampere didefinisikan sebagai jumlah muatan listrik satu coulomb yang melalui suatu penampang konduktor dalam waktu satu detik (1 coulomb = 6,25 × 10¹⁸ elektron).
Suhu titik lebur es pada 76 cmHg adalah 273,15 K dan suhu titik didih air pada 76 cmHg adalah 373,15 K.
Satuan kandela didefinisikan sebagai: "Benda hitam seluas 1 m² yang bersuhu titik lebur platina (1773°C) akan memancarkan cahaya dalam arah tegak lurus dengan kuat cahaya sebesar 1,67 × 10⁵ kandela".
Satu mol zat terdiri atas 6,023 × 10²³ partikel. Bilangan 6,023 × 10²³ disebut bilangan Avogadro.

5. Alat Ukur Panjang

Mistar, Jangka Sorong, dan Mikrometer Sekrup
Alat ukur panjang di antaranya mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup, dengan ketelitian masing-masing sebagai berikut.
  • Mistar mempunyai ketelitian pengukuran 0,5 mm atau 0,05 cm, yaitu setengah skala terkecil yang dimiliki oleh mistar.
  • Jangka sorong mempunyai ketelitian 0,1 mm atau 0,01 cm. Jangka sorong memiliki dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius.
  • Mikrometer sekrup mempunyai ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm. Sama halnya dengan jangka sorong, mikrometer sekrup juga memiliki skala utama dan skala nonius.
Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts