Biografi Singkat - Isaac Newton

Biografi Isaac Newton
Sir Isaac Newton lahir tepat tanggal 25 Desember tahun1643 dari sebuah keluarga yang relatif miskin. Ayahnya meninggal sebelum 3 bulan Newton dilahirkan. Sedangkan Ibunya menikah lagi namun dirinya tidak begitu dekat dengan ayah barunya.

Isaac Newton muda bersekolah di King’s School, Grantham, Lincolnshire, dimana ia menjadi salah satu siswa terbaik di sekolah tersebut. Namun sayang Newton dikeluarkan dari sekolah karena ibunya yang meminta Newton kembali bekerja sebagai petani. Beruntung kepala sekolah tempat ia menimba ilmu memberikan peluang kembali pada Newton untuk menyelesaikan studi nya dengan mengikuti ujian kelulusan. Hasilnya ia lulus dengan nilai yang sangat memuaskan dan membuatnya mampu masuk ke Trinity College, Cambridge.

Di perkuliahannya, Newton sangat menguasai pelajaran matematika, science dan fisika. Newton memiliki kapasitas luar biasa dalam memecahkan soal matematika dan segala hal yang berkenaan dengan hitungan. Saking fokusnya belajar Isaac Newton tak banyak bergaul dengan wanita dan membuat ia melajang diselama hidupnya.

Pada saat itu, ajaran universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Pada tahun 1665, ia menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus. Segera setelah Newton mendapatkan gelarnya pada Agustus 1665, Universitas Cambridge ditutup oleh karena adanya Wabah Besar. Walaupun dalam studinya di Cambridge biasa-biasa saja, studi privat yang dilakukannya di rumahnya di Woolsthorpe selama dua tahun mendorongnya mengembangkan teori kalkulus, optika, dan hukum gravitasi. Pada tahun 1667, ia kembali ke Cambridge sebagai pengajar di Trinity

Isaac Newton disebut sebagai salah satu ilmuwan terjenius dalam sejarah. Prestasi dan penemuannya mengukuhkan dirinya sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh di dunia, bahkan Michael Hart mencatat namanya sebagai orang nomor dua setelah Nabi Muhammad sebagai orang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Salah satu prestasi besarnya diawal penemuannya seperti mengembangkan teori kalkulus. Namun sayangnya Newtoon terdahului oleh ilmuwan lain bernama Leibniz. Leibniz lebih awal menuliskan teori kalkulus dan menerbitkan hasil tulisannya, dan menyangka Newton melakukan plagiarisme. Sehingga terjadi konflik hingga berakhir saat kematian Leibniz tahun 1713.

Kehidupan Isaac Newton penuh dengan penemuan membanggakan dalam bidang matematika maupun fisika. Berikut merupakan prestasi selama hidupnya yang mendedikasikan dirinya untuk menemukan hal baru dalam pengetahuan.

Penemuan Newton dalam Bidang Matematika
  • Generalisasi Teorema Binominal
  • Metode Newton
  • Polinominal Derajat Tiga dalam Dua Variabel
  • Menemukan Formula Baru untuk phi

Penemuan Newton dalam Bidang Fisika
  • Optik. Newton membuat kemajuan besar dalam bidang optik. Newton mengembangkan penemuan mengenai spektrum dengan memisahkan cahaya putih melalui prisma.
  • Teleskop. Terdapat banyak perkembangan yang dibuatnya dalam teleskop, namun karyanya banyak dikritik Hooke, sehingga ia mengundurkan diri dari perdebatan ilmiah dan tak menyukai Hooke sepanjang hidupnya.
  • Mekanika dan Gravitasi. Dalam bukunya yang fenomenal berjudul Principal Mathematica, Newton menjelaskan tiga hukum gerak dengan menentukan kerangka acuan untuk fisika modern.Termasuk menjelaskan gerak sebuah planet.

Dari semua penemuannya, Mekanika dan Gravitasi lah yang membawa nama Isaac Newon benar-benar dikenal dunia. Hukum gerak yang ia buat serta gravitasi telah menjadi penemuan fenomenal bahkan hingga saat ini hukum-hukumnya terpakai dalam beragam hal aktivitas manusia atau penemuan terbaru dari para ilmuwan yang banyak berkenaan dengan mekanika serta gravitasi.

Kemudian mendekati akhir hayatnya, Newton bertempat tinggal di Cranbury Park, dekat Winchester dengan keponakan perempuan dan suaminya, sampai wafatnya pada tahun 1727. Newton wafat dalam tidurnya di London pada tanggal 31 Maret dan dikebumikan di Westminster Abbey. Kemenakannya Catherine Barton Conduitt, bertindak sebagai tuan rumah pada saat-saat urusan sosial di rumahnya di Jermyn Street di London. Dia adalah "pamannya yang sangat penyayang," menurut surat Newton kepada Catherine Barton pada saat kemenakannya itu sedang memulihkan diri dari penyakit cacar. Newton yang tetap melajang telah membagi-bagikan sebagian besar harta miliknya kepada sanak keluarganya pada tahun-tahun terakhirnya, dan wafat tanpa meninggalkan warisan.

Setelah kematiannya, tubuh Newton ditemukan mengandung sejumlah besar raksa, mungkin sebagai akibat studi alkimianya. Keracunan air raksa dapat menjelaskan keeksentrikan Newton di akhir hayatnya.

Dan bagi yang ingin mengunduh dokumen biografi Isaac Newton, kamu bisa menekan tombol di bawah

Document
Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts