Objek Studi dan Pengertian Sosiologi

Objek Studi dan Pengertian Sosiologi

Pengertian Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Sedangkan secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu "socio" yang berarti masyarakat, dan "logos" yang berarti ilmu. Kemudian dari sini, banyak pakar yang mendefinisikan sosiologi. Diantaranya:
Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara beranekaragam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, gejala agama, dan gejala moral).
Emile Durkheim
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial. Yaitu tentang fakta yang berisikan cara bertindak maupun berpikir.
Peter L Berger
Sosiologi bertujuan untuk memahami masyarakat sehingga daya tarik sosiologi terletak pada kenyataan yang memungkinkan kita untuk memperoleh gambaran lain mengenai dunia yang kita tempati.

Objek Studi Sosiologi

Pengertian Sosiologi
Objek studi sosiologi adalah masyarakat, dengan menyoroti hubungan antarmanusia dan proses sebab-akibat yang timbul dari hubungan antarmanusia tersebut. Adapun unsur-unsur yang terkandung dalam istilah masyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Sejumlah manusia yang hidup bersama, dan berinteraksi sosial secara berkesinambungan, mempunyai perasaan identitas bersama, tujuan bersama dan sistem norma,
  2. Merupakan suatu sistem hidup bersama yang berkebudayaan dan ada ikatan kelompok dan lokalitas tertentu,
  3. Merupakan suatu kesatuan.

Ada beberapa pakar yang memberikan definisi tentang masyarakat, diantaranya adalah:
Ralph Linton
Masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja bersama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri sendiri dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas.
Emile Durkheim
Masyarakat adalah suatu sistem yang dibentuk dari hubungan antaranggota sehingga menampilkan suatu realitas tertentu yang mempunyai ciri- cirinya sendiri.
Mac Iver dan Page
Masyarakat ialah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan-kebebasan manusia. Keseluruhan yang selalu berubah ini kita namakan masyarakat. Masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan masyarakat selalu berubah.
Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts