Motif Ekonomi: Pengertian, Macam-Macam, dan Contoh Soal

Motif Ekonomi

Motif ekonomi merupakan hal-hal yang menjadi penyebab masyarakat melakukan tindakan ekonomi. Dalam pengertian secara umum, motif ekonomi adalah motivasi yang dapat membuat seseorang melakukan suatu tindakan maupun kegiatan ekonomi.

Motif tersebut memiliki sifat ekstrinsik maupun intrinsik. Ekstrinsik sendiri memiliki arti, motivasi pendorong yang berasal dari luar diri seseorang. Sedangkan intrinsik merupakan motivasi pendorong yang berasal dari individu tersebut.

Tujuan motif ekonomi, adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan. Secara umum, kebutuhan manusia dalam kehidupan dibagi menjadi tiga, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Macam-Macam Motif Ekonomi

Motif ekonomi juga dapat dibedakan menjadi bermacam-macam, yakni:

1. Motif untuk mendapatkan penghargaan, motif ini dilakukan untuk motivasi agar individu merasa eksis. Penghargaan dari orang lain akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelaku kegiatan ekonomi.

2. Motif sosial, yakni dorongan bahwa dengan suatu tindakan ekonomi yang dilakukan bisa memberikan suatu manfaat bagi individu lain.

3. Motif untuk memperoleh keuntungan, motif ini merupakan dorongan yang timbul dengan tujuan untuk memperoleh tambahan manfaat. Dengan mendapatkan keuntungan, diharapkan kekayaan individu dapat bertambah dan ia dapat mempertahankan kehidupan dengan baik.

4. Motif untuk mendapatkan kekuasaan ekonomi, motif ini adalah keinginan individu yang sudah makmur, tetapi masih melakukan tindakan ekonomi karena dorongan untuk mendapatkan kekuasaan di berbagai kegiatan ekonomi.

5. Motif untuk bertahan hidup dan diterima di lingkungan masyarakat, motif ini jelas bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dan agar individu dapat diterima di lingkungan masyarakat.

6. Motif keinginan untuk menjadi makmur, motif ini dapat diartikan sebagai kondisi yang dimana individu mampu memenuhi sebagaian besar kehidupannya.

Contoh Soal

Saat pulang dari kantor, Arin melihat seorang kakek tua yang sedang kesulitan untuk menyeberang jalan. Disamping itu, Arin juga melihat kakek itu tidak mengenakan alas apapun untuk menopang tubuhnya. Oleh karena itu, hati Arin bergerak dan berniat untuk membantu kakek tersebut. Ia pun menyeberangkan dan membelikan sandal untuk kakek tersebut, ia juga menyisihkan gaji untuk membantu tua itu. Tindakan yang dilakukan Arin ini termasuk motif ....

  1. Motif mencari keuntungan
  2. Motif sosial
  3. Motif untuk menjadi makmur
  4. Motif untuk memperoleh penghargaan
  5. Motif untuk bertahan hidup dan diterima di lingkungan masyarakat

Jawaban B. Motif sosial, karena Arin tergerak hatinya untuk membantu kakek tersebut. Oleh sebab itu, motif dibalik tindakan Arin tak lain merupakan motif sosial yang tujuannya untuk membantu sesama.

Agusti Mahendra
Agusti Mahendra
"Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya" ~ Ir. Soekarno

Related Posts